7/23/16

Perbedaan Sepeda : MTB, Road Bike, Fixie, dan Hybird




Perbedaan Sepeda : MTB, Road Bike, Fixie, dan Hybird - Halo ini merupakan artikel pertama di blog baru ini dan saya disini akan membahas tentang Perbedaan jenis jenis sepeda. Banyak jenis jenis sepeda berdasarkan kegunaannya, ada Sepeda Gunung (MTB atau Mountain Bike), Sepeda Balap (Road Bike), Hybird dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan disini.

Jenis sepeda ini ada banyak, dan kegunaannya beda beda dari yang buat jalan - jalan doang, sampe yang bisa melaju kencang. dan harganya pun beragam bahkan ada yang sampai puluhan juta rupiah. Okey langsung kita bandingkan saja beberapa jenis sepeda ini.

Mountain Bike ( Sepeda Gunung )



Kadang disingkat MTB, dan eropa sana mereka kadang menyebutnya dengan All Terain Bike (ATB) seperti namanya sepeda ini adalah sepeda yang dirancang khusus untuk berjalan di daerah pegunungan atau bukit, kebanyakan sih untuk untuk turun bukit atau biasa disebut DownHill, didesain khusus untuk anda yang senang menjajal daerah - daerah alam yang jalanannya pada bagus - bagus seperti bebatuan, lumpur, tanah. Sepeda ini frame (rangka)-nya, terbuat dari bahan yang kuat tapi ringan seperti alumunium, carbon, hi-ten, chromoly dan titanium. Lalu untuk Ban nya berukuran lebih lebar dan bergerigi. Untuk Gearnya Sepeda gunung memiliki 18-30 Speed agar memudahkan dan membuat nyaman pengendaranya sesuai dengan medan yang di lalui. Sepeda gunung juga msih mempunyai jenis nya lagi seperti, MTB XC, All Mountain, DownHill, FreeRide MTB, Dirt Jump MTB, dan Trail.

Road Bike (Jalan Raya/ Sepeda Balap)


Road Bike merupakan sepeda yang dikhususkan untuk melaju dengan cepat di jalanan, sepeda ini memang dirancang untuk balapan. Sepeda Road ini memiliki ban yang tipis dan lebar, tebalnya hanya sekitar 2.5cm, dan permukaan yang halus. Crank yang digunakan pada sepeda balap ini sangat besar, lalu frame nya yang ringan juga membantu untuk melaju dengan cepat. Biasanya Roadbike ini memiliki stang atau handlebar yang bengkok, biasa disebut dropbar. Roadbike juga memiliki beberapa jenisnya lagi seperti. Roadrace, Roadrace Flatbar, Roadbike Triathlon, Roadbike Track, Touring Bicycles, Roadster, dan Utility.

Fixie (Fixed Gear)



Fixie atau Fixed Gear adalah sepeda rancangan inggris. Sepeda Fixie ini sempat populer di indonesia beberapa tahun yang lalu, khususnya di kalangan anak muda. Sepeda ini menggunakan sistem single speed, alias gaada shifter, kabel ataupun gear-gear yang menumpuk didepan dan dibelakang. Dan karena ini fixed gear kita gabisa membalikkan pedal kebelakang, yang ada nantinya malah ngerem atau berjalan mundur. Harga si Fixie ini berkisar antara 1.5 juta ke atas, tergantung dari komponennya sendiri. Ada yang ngerakit ada juga yang membeli rancangan pabrik. Fixie ini biasanya dirancang untuk lebih modis dan indah untuk dilihat karena kita tidak akan melihat kabel kabel yang menjulur sana sini pada sepeda. Biasanya Ban sepeda fixie ini menggunakan ban Roadbike atau Hybird dengan velg/Rim 700c dengan ukuran ban 19-23 inchi. Lalu untuk framenya menggunakan frame sepeda balap kuno yang memilki fork yang pipih. Stang atau Handlebar yang digunakan bermacam-macam ada yang menggunakan dropbar, ataupun handlebar lurus.

Hybird

Sepeda Hybird adalah sepeda gabungan antara sepeda MTB dan Roadbike, Fungsi dari sepeda ini sendiri adalah kenyamanan dalam berkendara, dengan Handlebar lurus, Frame tegaknya MTB dan Ban Tipisnya Roadbike, Sepeda ini bisa digunakan di jalanan datar dengan nyaman dan bisa cepat juga. Jadi seperti melihat sepeda roadbike dengan handlebar lurus, dan ketangguhan sepeda MTB yang berjalan di atas jalan raya.
Sebenarnya banyak orang yang melakukan rancangan juga pada sepeda hybird ini seperti menggunakan crank dan groupsetnya roadbike, framenya roadbike, tapi menggunakan handlebar lurus. Tapi kadang ini juga disebut dengan Road Flatbar. Atau dengan menggunakan groupset-nya MTB, rem v-brake, ban 700x38c, dan Crank Triple 28/38/48.
Jadi jika kalian yang ingin menggunakan sepeda yang berjalan dengan kencang di jalan raya, dan ingin nyaman menggunakannya bisa mencoba sepeda hybird ini. Sepeda ini di rancang untuk penggunaan umum, di jalan raya oke, di tanah berkerikil juga oke. Pada awal - awal munculnya sepeda ini juga disebut dengan Commuter Bike, City Bike, dan Cross Bike.

Jadi yah itulah beberapa jenis sepeda dan kegunannya, dari yang dipake untuk nyantei sampai yang dipake untuk cepat.

Okey Sekian tulisan dari saya semoga membantu anda semua yang kebingungan dengan perbedaan jenis jenis sepeda, seperti MTB dan Hybird atau Fixie dan Roadbike. Share juga agar bisa bermanfaat juga bagi yang lainnya. Jika ada yang masih kebingungan kalian bisa tanyakan di kolom komentar, dan tinggalkan komentar kalian juga.

Terimakasih.